Total Tayangan Laman

Jumat, 17 Februari 2012

Udara - Lingkungan Hidup

Udara

                Baiklah saya ingin menjelaskan tentang udara . Udara merupakan salah satu lapisan penting dalam struktur geosfer . Gerakan udara yang berlangsung diatas permukaan bumi merupakan pengatur kehidupan , baik langsung maupun tidak langsung .Udara juga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari  - hari bagi semua makhluk hidup . Misalanya pada waktu kita menyalakan api untuk memasak , menyalakan lampu minyak tanah dan lilin semua membutuhkan udara untuk pembakaran , dan yang perlu dilakukan dalma pembakaran ini adalah gas asam  oksigen) dalam udara.
            Udara sebagai sumber daya alam terdiri dari campuran gas-gas , debu , dan uap air , campuran gas – gas tersebut tidak berwarna dan tidak dapat dilihat . Ilmu yang mempelajari  tentang udara disebut Aerologi . Semua makhluk hidup di permukaan bumi memerlukan udara . Makhluk hidup tidak dapat hidup lebih dari beberapa menit saja tanpa udara. Udara memang merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari .
            Setiap bagian udara bermanfaat bagi kehidupan , udara digunakan sebagai unsure dasar dalam sistem pernapasan . Pertukaran zat metabolism di dakam tubuh manusia terjadi saat menghirup udara berupa oksigen (O2) kemudian dikeluarkan menjadi zat asam arang (Co2).Oksigen sangat penting bagi kehidupan , karena manusia , hewan dan tumbuhan memerlukan oksigen untuk hidup . Manusia dan hewan  memerlukan oksigen dalam proses pembentukan tenaga dalam tubuhnya dan diisi melalui alat-alat pernapasannya. Oksigen banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari,misalnya tukang las memerlukan oksigen untuk memperoleh suhu tinggi dari gas karbit yang dinyalakan . Didalam rumah sakit mempergunakan oksigen untuk membantu pernapasan pasien yang terserang penyakit jantung dan lain-lain.
            Pencemaran udara terjadi karena penambahan komponen bahan kimia di udara atau terjadi bahan kimia baru yang membahayakan bagi manusia atau makhluk hidup lain disekitarnya . Pencemaran udara terbukti membawa dampak negative terhadap kehidupan , khususnya kehidupan manusia . Umumnya polusi ini meruapak akibat ulah manusia dan lingkungan sekitar kita . Pencemaran udara juga disebabkan oleh gas buangan dari sisa pembakaran industry dan kendaraan motor . Gas pembuangan tersebut adalah karbon monoksida. Makin lama gas ini terkosentrasi di atmosfer dan makin tebal , dapat menggangu sinar matahari masuk ke permukaan bumu . Akibatnya terjadi perubahan unsur iklim dan cuaca serta curah hujan dan suhu tidak menentu , yang akan menggangu semua kehidupan di permukaan bumi.
            Pencemaran udara akibat ulah manusia , salah satu contohnya Bising . Kebisingan adalah bunyi yang tidak diinginkan dari usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan . Disamping itu dapat menimbulkan gangguan terhadap kesehatan fisik , juga ada dampak gangguan psikologis , kenyamanan , rasa aman , yang tanpa terasa bisa mempengaruhi produktifitas kerja , kecenderungan tindakan kekerasan , ketidaksabaran dan kemarahan .
            Untuk melestarikan lingkungan hidup agar bermanfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup laiinya , setiap usaha atau kegiatan perlu melakukan upaya pengendalian pencemaran , dan atau perusakan lingkungan yang dapat mengganggu kesehatan manusia , makhluk lain dan lingkungan adalah akibat tingkat kebisingan yang di hasilkan . Polusi yang disebabkan industry dan kendaraan bermotor serta kegiatan lainnya , yang menghasilkan emisi gas buang tidak sebatas memberikan dampak laju pemanasan global yang dewasa ini sudah di khawatirkan oleh banyak Negara , tetapi juga kebisingan yang umumnya kurang menjadi perhatian kita . Penekan peraturan yang ditunjukkan pada industry juga perlu konsekwnensi yang ditujukan pada semua kegiatan termasuk yang sehari – hari kita hadapi adalah kebisingan di jalan – jalan di kota yang disebabkan oleh kendaraan bermotor dan pemutaran music yang terlalu Keras .
            Mengacu pada UU Pengelolaan Lingkungan Hidup (UU No.23 Tahun 1997) , keputusannya bermaksud untuk mengendalikan tingkat kebisingan dari setiap usaha atau kegiatan yang beroperasi dengan memperhatikan batas pendengaran manusia yang sangat berpengaruhi terhadap kesehatan . Tingkat kebisingan adalah ukuran energy bunyi yang dinyatakan dalam satuan Desibel (dB) . Baku tingkat kebisingan adalah batas maksimal tingkat kebisingan yang diperbolehkan dibuang ke lingkungan dari usaha atau kegiatan sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamana lingkungan . Analisis dampak lingkungan bagi usaha atau kegiatan memasyarakatkan untuk memperketat baku tingkat kebisingan , metode pengukuran , perhitungan , dan evaluasi tingkat kebisingan agar tidak mrnggangu kenyamanan lingkungan .
            Bahan – bahan yang menyebabkan pencemaran (polusi) disebut Polutan . Polutan dapat berupa bahan kimia , debu sedimen , makhluk hidup atau yang dihasilkan oleh makhluk panas, suara atau radiasi yang dilepaskan ke dalam lungkungan yang merugikan manusia  atau makhluk hidup lainnya . Pencemaran udara terjadi karena penambahan komponen bahan kimia di udara , atau terjadi bahan kimia baru yang membahayakan bagi manusia atau hidup lainnya  disekitarnya. Gas belerang oksida (SO , SO₂) yang jumlahnya semakin meningkat akan bereaksi dengan air hujan membentuk asam sulfat , sehingga menyebabkan hujan asam . Hujan asam mengakibatkan Tumbuhan dan Hewan tanah mati , besi dan logam berkarat serta bangunan – bangunan kuno seperti Candi cepat keropos dan rusak.
            Pembakaran bahan bakar minyak bumi , batu bara dan pembakaran hutan , asap yang dikeluarkan oleh pabrik , mesin – mesin , sepeda motor , mobil , kompor minyak , pesawat terbang dan pembakaran kayu menghasilkan Karbondioksida (CO₂). Diatmosfer gas CO₂  , pada lapisan atmosfer dapat menghalangi pantulan panas dari permukaan bumi , sehingga panas di permukaan bumi meningkat yang disebut Efek Rumah Kaca .
Pengertian Efek Rumah Kaca adalah Naiknya Suhu yang dialami oleh bumi karena gas-gas tertentu di dalam Atmosfer seperti uap air , Karbon Dioksida , Nitrogen , Oksida dan Metan menyerap energy  dari matahari sehingga bumi nyaman sebagai tempat tinggal makhluk hidup . Tanpa gas-gas ini panas akan keluar dan suhu rata-rata bumi akan menjadi lebih dingin 33⁰c . Pengaruh Rumah kaca sangatlah penting , Tanpa pengaruh rumah kaca , bumi tidak akan cukup panas bagi manusia untuk dapat tinggal hidup . Tetapi apabila pengaruh gas-gas rumah kaca berlebih , pengaruh itu akan menjadi lebih kuat dan akan menjadikan bumu lebih panas dari semestinya .
Atmosfer bumi ada disekeliling kita yaitu udara yang kita hirup . Gas rumah kaca di atmosfer sama seperti dinding-dinding kaca yang ada di rumah kaca .Cahaya Matahari masuk ke atmosfer bumi melewati  selimut gas rumah kaca . Pada saat mencapai permukaan bumi , tanah air , dan biosfer , gas rumah kaca menyerap energy sinar matahari tersebut . Sekali diserap, energy ini dikirimkan kembali ke atmosfer . Beberapa energy kembali ke permukaan tetapi kebanyakan tinggal terserap di dalam atmosfer gas rumah kaca , sehingga menyebabkan bumi kita panas.
Rumah Kaca digunakan untuk menanam bibit tanaman , khususnya di musim dingin . Rumah kaca ini berkerja dengan menyerap panas dari sinar matahari . Kaca dinding rumah kaca itu menjaga rumah itu terang dan mencegah panas keluar Inilah sebabnya mengapa rumah itu tetap panas , lebih kurang sama dengan keadaan di dalam mobil yang sedang parker ditempat terbuka pada siang hari . Gas-gas rumah kaca seperti CO₂ , Metan , N₂O , CFC telah tertumpuk di atmosfer sejak revolusi industry hampir 250 tahun yang lalu
Selain oleh meningkatkannya kadar CO₂  diatmosfer , efek rumah kaca juga bisa di percepat dengan berkurangnya luas lautan di muka bumi . Efek Rumah Kaca dapat meningkatkan suhu bumi sehingga terjadi Perubahan Iklim Global yang dapat di khawatirkan dapat mengakibatkan mencairnya Es di kutub . Jika Es di Kutub mencair , maka permukaan air laut meningkat sehingga beberapa kita dan pantai akan tenggelam .
Jadi , kita sebagai makhluk hidup menaggulangi  Pencemaran udara dengan cara , marilah kita tidak membakar sampah di pekarangan , segera mematikan kompor jika selesai memasak , tidak merokok diruangan berAC, Ikut berpartisipasan dalam penghijauan , penataan kendaraan yang membuat bising dan polusi udara , memutar music jangan terlalu kuat .

Bonhoeffer Dietrich

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Udara silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2821/1/53.pdf

    BalasHapus