Total Tayangan Laman

Jumat, 17 Februari 2012

Welcome

LUKAS 9:57-62
DIETRICH BONHOEFFER,seorang pendeta dan teolog muda Jerman yang terkenal pertnah menulis sebuah buku yang diberi judul Harga Yang Harus Dibayar oleh Seorang Murid Kristus.
      Dua hari sebelum Hitler diangkat menjadi pemimpin tertinggi Jerman ,.BONHOEFFER Berkhotbah melalui radio .Dalam khotbahnya ,ia mencela pendewaan atas Hitler itu sebagai penyembahan berhala.Pemerintah Nazi menyetop siaran itu sebelum selesai .Mulailah perjuangan Bonhoeffer melawan Hitler.
     Ancaman demi ancaman diterimanya ,tetapi ia menolaknya untuk berhenti.Melalui khotbah dan surat surat pengembalaannya ia selalu mengacam pemerintahan Hitler sebagai pemerintah kafir yang akan dihukum ALLAH.Karena itu ancaman terhadap dirinya pun makin lama makin keras dan hebat
    Kawan kawannya berusaha menolong Bonhoeffer mereka mengusulkan agar ia mau menyingkir ke Amerika Serikat untuk sementara waktu .Mereka telah mengusahakan agar Bonhoeffer dapat menmgajar disana paling sedikit untuk tiga tahun lamanya.
    Tetapi Bonhoeffer menolak .Hanya sebulan ia disana .Kemudian kembali ke tanah airnya untuk melanjutkan perlawanan .Pada tahun 1942 ketikan percobaaan membunuh Hitler untuk kesekiaan kalinya gagal,ia termasuk orang orang yang ditawan Nazi.Tiga tahun lamanya ia hidup dalam penjara.
   Dipenjara ia tak berhenti menulis .Pendiriannya tak pertnah berubah .Karena itu hanya beberapa minggu sebelum nazi kalah perang ,atas perintah langsung dari Henrich Himmler ,ia dihukum gantung sampai mati di Flossenburg.
   Gereja gereja Jerman bahkan gereja gereja seluruh dunia kehilangan seorang putranya yang pandai dan berani .BONHOEFFER telah membayar lunas harga yang harus dibayar sebagai murid KRISTUS.
Saudara sekalian dalam tulisan ini BONHOEFFER memulai dengan berbicara tentang anugrah ALLAH .Ia berkata ; ANUGRAH ALLAH yang dijual murah adalah bahaya yang mematikan bagi gereja gereja Kristus .Ia menjelaskan bahaya terbesar yang dihadapi oleh murid murid Kristus ialah;bahwa mereka cendrung untuk menjual anugrah Allah dengan harga obral ,untuk membuang mutiara injil dalam lumpur dunia dengan sia sia untuk membagikan pengampunan dosa dengan amat mudahnya .Ya Kekristenan yang murah ,yang murahan ,itulah bahaya terbesar.
   Bahaya terbesar karena di sini diajarkan tentang Allah yang mengasihi orang orang berdosa ,tetapi tidak menyebutkan tentang betapa bencinya Allah terhadap dosa .Keristenan yang murah ialah dimana orang mengharap berkat berkat besar melimpah karena imannya ,tetapi mengembaikan sama sekali tuntuntan tuntutan yang harus dibayar karena imannya .Keristenan yang murah ialah ,ketika orang dengan mudah menyesuaikan diri dengan dunia ini lebih dari pada ia berusaha mengikuti jalan Kristus.
   BONHOEFFER benar melihat betapa Injil dibaterkan dengan mudah .kita sering Injil Kristen cepat popular karena itu rela menjual separuh harga ,atau kalau dunia enggan membayar kadang kala kita berikan dengan gratis .Ketika orang mengatakan betapa sukarnya hidup secara Kristen ,maka segera kita menjawab itu soal mudah .Kita kebiri ciri ciri kekristenan yang asasi Hanya su[paya menjadi mudah dan murah.
   Tetapi sebenarnya Injil itu tidak pernah murah dan mudah karena harus dilalaui oleh Injil itu adalah jalan penderitaan ,jalan salib ,jalan kematian .Tidak murah,karena harganya ialah harga nyawa seorang putra ALLAH.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar